Hati-hati Rahang Bergeser Saat Buka Mulut

Jangan Buka Mulut Terlalu Lebar Karena Tulang Sendi Rahang Bisa Bergeser (Posisi Berubah)


Kali ini aku hanya ingin berbagi pengalamanMemories of (2007-2008) in Bekasi. Read more ... » yang tidak enak, mengerikan tapi juga agak lucuKoleksi Emoticon Faqih.ME. Read more ... » dan memalukan. 🙁 Walaupun agak malu-maluin, tapi aku mau share, semoga hal ini nggak kejadian lagi di kemudian hari pada diriku dan kalian semua serta bisa menjadi pelajaran.

Kejadiannya tadi malam saat aku sedang ngaca. Bukan narsis lho 😛 tapi lagi pengin lihat kondisi gigi gerahamku yang bolong. Saat itu kan aku harus buka mulut lebar-lebar di depan kaca agar bisa lihat ke dalam mulut. Nah, ntah kenapa tiba-tiba ada bunyi “krek” dan sendi rahang bergeser (mingsil). Masalahnya, itu rahang nggak langsung balik ke tempat semula, jadi seperti kesleo. Mau bicara susah, menutup mulut pun gak bisa. Bisa bayangin nggak tuh rasanya?

Perasaan saat tahu rahang bergeser itu bingung, agak panik tapi mencoba tetap tenang, pas lihat kaca bentuk muka jadi berbeda banget kayak orang … gitu. Saat itu yang terpikir bagaimana ya kalau nggak bisa balik? Nah lo… Nggak lucu kan kalau harus ke rumah sakit hanya karena buka mulut terlalu lebar dan nggak bisa balik lagi? Jadi inget info orang-orang Korea yang operasi rahang hanya karena ingin tampil lebih cantik/ganteng. Miris banget kan… na’udzubillahimindzalik. 🙁

Bingung cara mengembalikan posisi tulang rahang ke posisi semula. Kalau dipaksain mingkem takut tambah parah atau terjadi keretakan. 🙁 Kemudian dengan perasaan hati-hati aku coba raba bagian poros rahang yang bergeser, kebetulan sebelah kiri. Lalu agak aku tekan pelan untuk menjaga posisinya sambil menggoyang-goyangkan rahang ke kiri dan ke kanan. Beberapa saat, tiba-tiba rahang berbungi “kruek” lagi dan rahang kembali ke posisi semula. Alhamdulillah…!!! Akhirnya rahang mulutku bisa kembali normal tanpa harus ke dokter atau rumah sakit. 😀

Itulah pengalaman mengerikan sekaligus lucu. -_- Setelah itu aku menertawakan diri sendiri, betapa cerobohnya aku sampai rahang bisa bergeser salah posisi begitu padahal biasanya juga gak masalah. Hahaha…

Tapi pada akhirnya, kejadian itu membuat aku bersyukur atas segala anugerah yang Allah SWT berikan. Mungkin terkadang aku lupa untuk mensyukuri dan merawat segala pemberianNya. Alhamdulillah aku masih diberi rizki, kesehatan, dan berbagai nikmat lainnya.

Makanya, aku ingin mengingatkan kepada diri sendiri dan teman-teman, jangan buka mulut terlalu lebar misalnya saat menguap, berteriak, dll. Nggak mau kan mengalami kejadian tulang rahang bergeser seperti yang pernah aku alami? Hehehe… Semoga sehat selalu!

This movie genre is Daily Life with , . Bookmark the permalink.

One Response to Hati-hati Rahang Bergeser Saat Buka Mulut

  1. fahmi says:

    mbak..saya juga rahang kirinya bunyi dan yg paling parah mukaku jadi menceng ke kiri..tolong dong bantuan’nya
    katanya ini TMJ
    makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *